KKN vs KP (bayangan seorang d’:p)

Tadi lewat daerah seputaran ITS(mang tiap hari juga lewatlah… orang huniannya diseputaran its juga :p). Tapi sesuatu yang g’biasa tiba2 muncul dipikiran. Tau kan, kalo ITS singkatan dari Institut Teknolosi Sepuluh Nopember? Tapi merhatiin g’siy kalo daerah seputaran its tuh jauh banget dari yang namanya tersentuh teknologi.

D’masih inget fungsi mahasiswa sebagai agent of change, iron stock, social control ‘n 1lagi lupa😀.tapi koq implementasinya g’da ya? Atau ada tapi kurang kliatan d.. :p d’jadi mikir… apa bener ya ITS cuma mencetak lulusan yang siap jadi robot? Cuma siap buat disuruh2 waktu kerja.

Waktu kecil d’sering baca cerpen2 di koran ato majalah2 punya mama(haduh! Anak kecil koq bacaanya orang dewasa! Mpe mama akhirnya selalu mengamankan majalahnya…:D). Pernah baca yang ttg KKN gtu. Klo KKN tu ya beberapa orang jadi 1kelompok kecil mengadakan penelitian di daerah yang bisa dibilang masih kurang maju dibanding kota2 lainnya(semacem pengabdian masyarakat juga jadinya). Jadi ya… bener2 langsung terjun k masayarakat. D’jadi mikir nti klo d’kul ya bakal gtu juga. Tapi ternyata g’…

D’nangkepnya, KKN(biasa disebut KP) disini sepertinya mang dah diarahin buat jadi pekerja. KPnya tuh ke perusahaan2 ‘n mahasiswanya siap nerima perintah apa yang harus dikerjain. kenapa KPnya g’gini aja ya? dibentuk sekelompok kecil mahasiswa +1 dosen pendamping/pembimbing langsung terjun k masayarakat di sekitar ITS. G’usah jauh2 deh… disekitar ITS juga masih banyak kan yang bisa dikerjain ‘n bisa dibangun.

Contoh simpel aja, misalnya ada sekelompok anak TC(mentang2 anak TC :p). Pada awalnya, kelompok ini diminta meneliti keadan di sekitar ITS, trus menentukan apa yang akan dijadikan objek penelitian ‘n nentuin kira2 apa yang bisa diimplementasiin dari hasil kuliah d TC dan bener2 dapat direalisasikan dalam waktu 2-3bulan(mengingat KP biasa dilaksanakan waktu libur semester genap). Kan gtu lebih seru. Lagian hasilnya lebih berguna buat masyarakat di sekitar. Jadi daerah di sekitar ITS bisa jadi lebih maju dikit :p.

4 thoughts on “KKN vs KP (bayangan seorang d’:p)

  1. fungsi mhsnya kurang moral force😀

    faktanya memang gitu kok, ITS punya teknik lingkungan, tapi ITS-nya masih aja sering banjir, danaunya masih baunya busuk. ITS punya teknik kelautan, tapi kenjeran, mengenaskan sekali.
    lagian klo menurut kacamata para biroktat ITS (mencoba berempati), KKN ke kampung mah g ada untungnya. klo ke perusahaan kan bisa sekalian cari koneksi, trus nantinya bisa diajak kerjasama😀 mungkin begitu

  2. ck…3x koq cari enaknya aja ya? eh, btw kerjasama dalam hal apa? menguntungkan sapa? ada imbasnya b/ masyarakat g’? jangan2 cuma nguntungin pihak tertentu aja. klo gtu kasian banget orang yang udah bayarin kita kuliah lewat pajak yang dibayar.. (salah satunya mungkin aja sodara2 d’sendiri T_T)

  3. haduh.. haduh… mahasiswa… idealisnya itu loo ampuuun…
    btw: di universitas lain (e.g. UGM), KP dan KKN ada sendiri. KKN lebih ke pengabdian ke masyarakat, sementara KP lebih ke persiapan terjun ke dunia kerja.

  4. @galih > cuma menyampaikan apa yang ada dipikiran… daripada akhirnya membusuk di salah satu pojok pikiran d’…:p
    oya ya? d’baru tau d t4 laen bgtu… sptnya ITS bisa ikut nyoba tuh… masa cuma nyiapin mahasiswanya jadi “buruh” ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s