tegas, keras, ‘n hffff…..

hihihi…. judul yang aneh. tp ya gtu deh…(maxutnya?) sejak jaman2 sd dl, d’udah terbiasa ama yang namanya jadwal. semua kegiatan d’pasti udah terjadwal rapi. dulu yang ngajarin gini mama. ‘n kebetulan cocok ama d’. d’seneng klo segala sesuatunya berjalan lancar sesuai yang d’rencanain -termasuk jadwal sehari2 itu-. ‘n klo ada satu, satuuuuu…. aja yang g’sesuai ama rencana d’, d’bisa ngambek. pernah mpe ngambek ma salah satu stasiun swasta gara2 film kesukaan d’pemutarannya diundur ato malah g’diputer(biasanya gara2 acara tinju😦 )

dari sd, mang mama yang ngaturin jadwal buat d'(eh, tau g’, klo adek d’g’suka yang terjadwal ‘n terencana gini). hihihi.. semacem menejer gtu d.. jadinya. mule dari bangun mpe tidur, semua mama yang ngatur. tapi mule smp, semua2nya d’sendiri yang ngatur. waktu smp d’punya 2buku catetan. yang satu b/ jadwal sehari2, yang satu lagi buat nyatet tugas2 yang harus d’kerjain ‘n gmn kemajuannya apa udah dikerjain ato blm sama sekali.

tapi, yang namanya rencana kan g’harus berjalan lancar ya? nah sifat ngamuk2 d’masih blm ilang juga. gara2 ini, d’sempet jadi stress. yang bikin stress, soalnya klo ada yang g’sesuai rencana, d’dapet hukuman. hukuman ini bukan dari sapa2… tapi dari d’sendiri. yup! d’suka bik target. nah klo bisa tercapai, ada hadiah buat diri d’sendiri.. klo gagal, ada hukumannya juga.

sistem reward ‘n punishment ini lumayan bisa membangun motivasi lho. tapi ada jeleknya juga. spt yang d’bilang tadi, klo ketat banget bisa jadi stress. setelah di evaluasi(d’suka mengevakluasi diri juga lho… gmn perkembangan r kemunduran d’..😀 ) akhirnya d’rasa tiap kegagalan tuh harus diliat faktor2 penyebabnya juga(alasan pembelaan). jadi berdasar hukum ‘n pertimbangan itu, kita tinggal mutusin tindakan apa yang pantes dijatuhin k diri kita. harus adil ma diri sendiri lho ya… ^_^

nah tapii lagi neh…. karena sekarang ada bahan2 yang bisa dijadikan pertimbangan… ya bisa juga disebut alasan2 pembelaan, d’malah jadi ky’bubur… jadi lembek…. T_T g’tegas ma diri sendiri lagi. pembelaan2 yang d’ajuin banyak dimaklumi ma d’sendiri.. T_T Hhhhhh… tegas ma diri sendiri tuh susah juga yah…. jadi sekarang d’nglamin kemunduran neh… g’galak ma diri sendiri lagi. terlalu baek ma diri sendiri. ‘n sekarang dalam tahap menuju kebangkitan lg nih… doain yah…. ^_^

6 thoughts on “tegas, keras, ‘n hffff…..

  1. boleh juga…klo aku malah gak suka yang berbau jadwal gitu…
    aku suka keteraturan, tapi gak suka kalo keteraturan itu malah membelenggu. dan itu susah sekali implementasinya

  2. @ yusuf > iya.. sekarang d’lebih fleksibel. untuk jadwal harian, d’cuma nulis apa2 yang harus d’kerjain hari ini. gtu doang.. g’rinci mpe jam2nya. jadi sekarang udah lebih bisa berimprovisasi deh… yang penting target harus bisa tercapai….

  3. @ kakilangit > mungkin monitornya eneg ngeliat sesuatu yagn aneh di depannya😛

    @ setanalas > yah… karekter orang kan beda2. klo ngerasa g’cocok ya g’usah pake. adeknya dea aja g’pke koq… ^_^

    @ passya > yang bagus apa nih? yang pake jadwal r yang sistem reward ‘n punishment? ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s