Cerita tentang kejujuran

Tadi baca status fb salah satu tmnku yg kebetulan berprofesi sebagai seorang dosen. Isinya gini:

• Mhs: “Pak, saya UAS online duluan boleh pak? saya sdh kadung pesen tiket”

• Dosen: “Ok”

• Mhs: “boleh buka PPT atau internet pak?”

• Dosen: “ya g boleh”

• Mhs: “kan saya UAS sendirian , klo nilainya jelek boleh remidi?”

• Dosen: “emg apa bedanya sendiri sama bareng?”

• Mhs: “yaaa kan g bisa tanya temen”

• Dosen: “$$%#&#@@$&*(**^%%!!!”

Wkwkwkwk.. bacanya langsung ngakak! Ada2 aja tuh mahasiswa.. Tapi aku juga jadi ingat ma pengalaman pribadiku dulu. Klo gk salah sih cerita dari jaman kuliah wktu smester 7 gtu deh..

Jadi ceritanya pada semester itu, aku ngambil kuliah Data Warehouse(DW), juga ngambil mata kuliah-mata kuliah lain yang berbau RPL(Rekayasa Perangkat Lunak) banged.. inget banged dah pada waktu itu ngambil kuliah MKPL(Manajemen Kualitas Perangkat Lunak) ma MPPL(Manajemen Proyek Perangkat Lunak) yang tugasnya aje geellllaaaa!!!

Nah, wktu itu klo gak salah pas mau UAS deh, dosen mata kuliah DW ngasi tugas buat dipresentasikan waktu UAS. Untungnya, tugas ini klompokan. Tapi walao klompokan, tetep aja masing2 anggota punya 1 tugas yg harus dikerjain. Wktu itu, MKPL ma MPPL juga lagi dikjar deadline, huhuhuw mana gak klompokan lagi, jadi semua-muanya digarap dhewean.. Kebetulan untuk tugas DW, aku udh dpt donlotan dari inet. Kupikir aku bakal sempat mempelajari donlotanku dan bakal bikin sesuatu yg gak jauh beda dari itu. Sayangnya, ternyata gak sempet! Gara2 tugas MKPL ma MPPL ituuu…

Untung, 2tmn klompokku bisa ngerti ma tugas kuliahku itu.. ah.. tman yg baik..😀 Singkat cerita, waktu UAS DW, ak presentasi dari hasil donlotan! Murni tanpa sempat kutak-atik. Akunya jujur bilang k dosenku klo itu bukan hasil kerjaanku, aku donlot dari suatu situs n kukasi juga alamat situsnya. Aku juga minta maaf krn gk bisa ngerjain. And u know what?! Klompokku dapat nilai plus tauuuu!!! Bnernya kn dosennya gak suka klo ada mahasiswanya yang ngumpulin tugas dari hasil mbacem(nyontek) ato donlot. Waktu itu, dosennya kurang lbh bilang gini “Saya gk akan kasi nilai plus buat kalian, tapi karena kalian udah jujur, saya kasi nilai tambah” jyaaaahhhh!!! Senaaang! ^^

-jd tringat pejuang2 MKPL n MPPL wkwkwkwk.. peserta kuliah yg tadinya 50an orang lbh, pas UAS Cuma sisa 20an org. MKPL malah gk nyampe 20😀 –

Leave a Reply

