Ternyata Melek Internet Belum tentu Melek yang lain2 :D

Sebenarnya tulisan ini sudah cukup lama mangkrak di draft. Akhirnya sekarang kepikiran buat diolah biar layak dipost-menurut saya๐Ÿ˜€ โ€“

Jadi begini, kebetulan pacar saya kan bekerja di salah satu provider kartu seluler. Kebetulan dulu saya pernah menjadi customer provider tersebut untuk layanan internet-nya. Tapi karena sesuatu, akhirnya saya berpindah kelain hati >.< Kebetulan saya memilih system pembayaran yg sama untuk kedua provider ini. Yaitu, dengan cara pembayaran di akhir. Yah.. pasca bayar gtu deh.. Nah, ada yang berbeda dari cara penagihan 2 provider ini. Provider tempat pacar saya bekerja, tagihan dikrim berupa surat tagihan yang dikirim langsung ke alamat user. Surat fisik gtuโ€ฆ plek dalam bentuk kertas! Sedangkan provider yg saya gunakan saat ini, tagihan dilakukan melalui e-mail.

Saya pikir, tentu akan lebih baik kalau surat2 tagihan dikirim lewat email saja. Soalnya kan menghemat kertas dan tentu saja secara tidak langsung akan menyelmatkan bumi. Byangkan berapa pohon yang ditebang untuk menghasilkan sejumlah kertas! Memang, dari situs provider yang saya pakai, mereka menyatakan mendukung Go Green, sehingga segala bentuk tagihan akan dikirmkan dalam bentuk email.

Kemudian saya bertanya, kenapa provider tempat pacar saya bekerja tidak melakukan hal yang sama? Mengirimkan tagihan dalam bentuk email? Dia jawab sih gak tau. Itu kan sudah kebijakan dari atas. Tapi kemudian dia menceritakan sebuah fakta yang menarik! Ternyata gak semua orang yg melek internet tuh tau email!

Lebih 'hijau' pake email kan?๐Ÿ˜‰

Enw, kita sepahamkan dulu ya yang saya maksud dengan melek internet. Di sini yg saya maksud melk internet tuh ya yang sudah bisa menggunakan internet..๐Ÿ˜† kacau..

Selama ini, saya pikir orang yang melek internet tuh pasti melek email. Ternyata nggak! Jadi pacar saya cerita, waktu dia jaga di suatu event, ada seseorang menghampirinya. Nanya “Mas2, koq saya gak bisa fesbukan?” Pacar saya yg emang hobi banget bantu orang, nanggepin banget tuh.. Ngeliat apa sebabnya koq gak bisa masuk2. Setelah ditanya lebih jauh, Owlala.. ternyata belum register!

Berhubung pacar saya itu tipe orang sll bantu orang dari awal mpe akhir, tu orang dipandu cara register facebook. Sign up-nya itu lhooo.. Nah, pas bagian email, pacar saya nanya, “emailnya apa?” eh.. dia malah balik nanya “email itu apa mas?” jengjengjeng..!!! ternyata blum punya email!

Saya kaget, ternyata orang yg melek internet belum tentu tau n punya email ya.. lebih mengejutkan lagi, pacar saya bilang klo hal itu sdh terjadi beberapa kali. Bukan Cuma sekali! Wew.. trus internetan untuk apa aja? @.@

Kamu make internet untuk apa aja sih?๐Ÿ˜€

Enw, barusan aja juga ada kejadian lucu. Saya kira, semua orang yg melek internet tuh bakal hati2 skali menjaga kerahasiaan berbagai username dan password. Ternyata belum semua orang sadar akan pentingnya hal itu. Barusan saja, ada seseorang yg rela memberi berbagai username dan passwordnya. Gara2nya akun facebook dia dibajak, gak bisa login. Jadi minta tolong di reset gtu deh passwordnya. Nah, itu kan berhubungan dengan email juga, eh.. tadi aku dikasi gtu dong user-pass emailnya. Pdhl maksudku kan sisanya dia aja gtu.. soalnya, dimataku klo udh nyangut user-pass, itu kan udh pribadi banget kan ya? Apalagi email..

Tuing2 jadi menurut saya, selama ini yg terlalu digembar gemborkan Cuma masalah biar orang melek internet aja. Tapi bagaimana keamanan, penjagaan privasi kurang gaungnya. Masih banyak orang awam yang masih kurang paham. Trus masalah email juga sptnya masih perlu sosialisasi ya? Hehehe.. abisan masih ada yg gak tau apa itu email. Email kalah gaungnya ama facebook dkk. Email gak lebih sekedar ‘alat’ supaya bisa bergabung dengan berbagai jejaring social. Padahalkan fungsi email kan gak Cuma buat terdaftar di suatu situs. Saya lihat, fungsi email sendiri sudah terganti dengan fasilitas semacam inbox yang memang telah disediakan oleh berbagai situs jejaring social. Heuheuheuโ€ฆ kasian amat yah nasib email๐Ÿ˜€ Saya juga pernah baca, ternyata hanya sekitar 11% remaja yang membuka email-nya tiap hari. Lupa tapinya baca di mana. Hehehe..

One thought on “Ternyata Melek Internet Belum tentu Melek yang lain2 :D

Leave a Reply

