Mengemis Maaf

Indahnya Kebersamaan🙂

Saya agak terusik dengan beberapa headline media akhir2 ini. Yep! Yang berhubungan dengan CU-LUN. Judul headline menyiratkan kalo minta maaf berarti salah. Bahkan ada yang secara terang2an bilang kalo mereka minta maaf, sama saja dengan mengakui perbuatan mereka.. Do’oh..

Ehem.. bukan, saya bukan mau bela CU-LUN koq.. Saya sih gak ngurus.. mereka mau ngaku, mau bungkam, sebodo amat. Soalnya gak da hubungannya ma diriku yang hanya rakyat jelata ini *lebay* . Itu urusan mereka. Tapi saya menyayangkan sekali kalimat headline-nya yg mengisyaratkan minta maaf sama saja mengaku berbuat salah. Helllooowww.. masa iya minta maaf PASTI berarti salah???

Berita kan bisa diakses oleh siapa saja. Saya pikir, sebaiknya media lebih berhati-hati dalam pemilihan kata. Soalnya, jujur saja saya khawatir dengan interpretasi orang2. Apalagi anak kecil, bisa2 masuk dalam alam bawah sadar mereka bahwa yang meminta maaf berarti salah. Well, memang sebaiknya yang salah mengakui kesalahannya dan meminta maaf pada pihak2 yang telah ‘terluka’. Tapi kenyataannya, pada kehidupan social tidak sesederhana itu. Tidak semua orang yang sebenarnya salah mau meminta maaf(duluan). Dalam kehidupan social, kadang walaupun tidak salah, kita perlu meminta maaf lebih dulu. Dalam pandangan saya, ini sama halnya dengan mengalah bukan berarti kalah. 🙂

Begitu juga memafkan, menurut saya, kita tidak perlu memaafkan seseorang jika hanya dia telah meminta maaf. Ada baiknya kita memaafkan tanpa ia minta. Karena memaafkan itu sebenernya bukan untuk orang lain, tapi untuk membantu menyembuhkan luka batin kita sendiri (ini quote dari https://twitter.com/justsilly ).

Setelah saya menulis ini, tiba2 di otak saya terlintas satu kata IKHLAS.. ya.. mungkin tidak salah.. kunci dari semua ini adalah keikhlasan, demi terjalin hubungan yang baik antar sesama manusia. Indahnya kebersamaan, hidup berdampingan dengan saling maaf dan memaafkan. Terlepas dari siapa yang salah, siapa yang benar. Toh semua manusia bisa belajar. Saya percaya, setiap orang akan belajar dari kesalahan yang telah diperbuatnya. Walau mungkin, tidak mengakui kesalahannya. Percayalah.. semua manusia pasti memiliki sisi baik🙂

Leave a Reply

