Membelah Lombok-Bandung (I)

Yak! Karena mulai masuk bulan puasa dan berada di rantau, juga karena terbawa suasana orang2 yang pada sibuk merencakan mudik, jadi teringat perjalanan mudik yang paling berkesan bagiku. Heuheuheu.. perjalanan Lombok-bandung PP pake kendaraaan sendiri, papa yg nyupir😀 kejadiannya sendiri udh lama banget.. mungkin sekitar 10taun yang lalu. Tepatnya kapan juga lupa.. hehehehe…

Jadi entah kenapa waktu itu papa-mama berencana pulang bawa kendaraan sendiri aja, gk pake transportasi umum. Kalo gak salah mudik bawa kendaraan sendiri ini udh sekitar 3kalian gitu deh. Dan selalu saja ada kejadian2 menarik.

Bagiku sendiri, perjalanan mudik sambil bawa kendaraan sendiri lebih menyenangkan daripada menggunakan transportasi umum. Soalnya, lebih banyak yang bisa diliat dan tentu saja, bisa berhenti suka-suka di mana aja. Hohoho.. jadi ya sekalian jalan2 deh..

Dari Lombok, berangkat jam 10 malem. Yah.. dari rumah sih mungkin jam 9 atau jam 8an gtu deh, kan ke pelabuhan dulu. Namanya pelabuhan Lembar. Nah, kapalnya berangkat jam 10 malem. Alasan berangkat pake kapal malem sih sederhana, biar bisa tidur! Hehehe.. jadi kan nyebrang Lombok-bali tuh lama.. paling cepet sekitar 3-4jam.

Nah, di kapal itu, biasanya kami nyewa kamar ABK(Anak Buah Kapal) biar bisa numpang tidur. Tapi gak mesti selalu kamar ABK sih, pernah juga di kamar kapten-nya(nahkoda). Masalah kamar, ehem.. gak perlu diceritain dweh.. ;)) sangat disarankan, klo gak mau nemu barang2 aneh, jangan suka bongkar2, liat2 ini itu..😀

Waktu nyebrang Lombok-bali, pernah ngalamin waktu yg ombaknya parah gila! Plus ujan pula. Serem bener dah.. kebetulan waktu itu nyewa kamar yang ada di lambung kapal(bner gak sih istilahnya? Kamar yg dibawah itu.. turun di bawah tempat mobil2 ‘parkir’). Waktu itu udh kepikiran bakal mati tenggelem aja. Jadi pas ombak gede, kapal kan miring tuh.. nah pas miring itu, kedengeran suara kriekk.. di otakku udah kebayang film titanic aja.. gimana missal tiba2 krieeekkk… trus tau2 dinding2nya jebol, air masuk.. hiiiii…

Biasanya, aku gak bakal bertahan lama di kamar. Soalnya aku suka menjelajah😎 Jadi, suka nyelinap keluar, jalan2 menjelajah kapal, liat2 ada apa aja di kapal. Nah.. pas naik ke atas itu, aku liat dong, mobil2 pada geser mengikuti arah miring kapal! Saking gedennya ombak. Sejak itu jadi ngerti deh, kenapa klo mobil di kapal, disarankan penumpangnya keluar dari kendaraan. Mungkin takut terjebak di dlm kendaraan. Mana lagi kan kapal gede gitu isinya gak mobil2 kecil2 spt yang kita sering di jalan raya! Tapi isinya bis2, truck yang bannya aja bisa lebih dari 8!

Terlepas dari keseraman di kapal laut, pernah juga ada pengalaman menarik. Jadi karena hobi yang suka menjelajah, pernah ‘nyasar’ masuk ruang kendali. Hohoho.. asik banget, bisa nanya ini itu ke nahkoda-nya. bisa ngeliat berbagai macam alat2 unik. Dulu pernah, nahkodanya baik banget kan tuh jelasin ini itu, trus nawarin aku buat pegang kendali dong!! Sayang aja akunya gak berani. Huhuhuw.. gara2 udah liat yang parah2, jadi takut salah klo asal mengemudi. Ntar klo aku salah gimana hayo? Apalagi selat Lombok kan terkenal dengan pusaran airnya! Hiiii.. tapi setelah sekarang dipikir2, koq sayang ya.. J) knp dulu gk cuek2 aja aku mengemudi kapal😀

Biasanya sih, ehem.. klo normal, berangkat jam 10 dari lembar, sekitar jam 2 pagi, udah nyampe di Padangbae(pelabuhan-nya bali). Daaaannn.. dari jam 2 pagi itu, saya jadi ‘radio’ deh buat papa. Nyerocos gak jelas buat nemenin papa biar gak ngantuk, sampai sekitar subuh. Mama sama adik, tidur di belakang.

Oya, lupa jelasin. Dulu perjalanan mudiknya tuh pake mobil hi-jet 1000. Kursi tengah yang deket pintu dilepas. Diganti sama kasur yang memanjang dari setelah kursi penumpang belakang, sampai ke belakang kursi supir. Jadi bisa dipake buat tiduran deh.. ^^

Abis subuh, biasanya gantian ma2 yang nemenin pa2 sampai akhirnya sekitar jam 8an nyampe di pelabuhan gilimanuk, siap2 nyebrang ke pulau jawaaa… ^^

Whuoh! Udah panjang ya.. segini dulu deh tulisannya.. ntar nyambung lagi😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s