Mbolang ke Ujung Genteng ~ Edukasi Penyu untuk Indonesia

Duh.. sebenernya banyak banget yang pengen kuceritain, tapi malah bingung2 sendiri. Jadi aku ceritanya to the point & inti2nya aja ya.. hehehe.. Kalo ada pertanyaan, silahkan disampaikan melalui komen ya.. *berasa seperti mosting tulisan yang berbau tutorial >.<

*****

Berawal dari baca twit National Geographic Indonesia(NGI) tentang ajakan ke Ujung Genteng, dan juga jadwal training ke Jakarta. Tapi waktu itu, belum pasti tanggal trainingnya. Cuma nanya aja, hari sabtu training libur gak, ternyata libur. Akhirnya dengan sedikit bondo nekat(sepertinya ini efek kelamaan tinggal di Surabaya, jadi jiwa boneknya nular😛 ), keesokan pagi-nya langsung daftarin namaku ama akai-ku buat ikutan. Kupikir waktu itu, yang penting daftar aja dulu. Jadi gak jadi, urusan belakang:mrgreen: Toh, yang pasti hari sabtu gak ada training. Berarti Libuuuurrr😎

Setelah daftar, jadi rajin mantengin forum di NGI. FYI, bikin akun di forum aja gegara buat daftar ikutan trip ke Ujung Genteng ini. Malah pas awal aja, sebenernya gak tau ujung genteng tuh di mana😆

Singkat cerita, dan Alhamdulillah banget, aku ma akai jadi juga ikut trip ke Ujung Genteng. Berangkat dari Jakarta-nya sekitar jam 10 malem. Waktu itu udah khawatir aja bakal ditinggal, gegara pesawat delay, otomatis agak telat dateng ke meeting point. Langsung aja sms buat ngasi kabar sekaligus minta jangan ditinggal. Tapi untungnya kita gak telat2 banget. Jadinya bisa berangkat  sesuai dengan jadwal.😛

Gak banyak yang bisa diceritain selama menempuh perjalanan menuju Ujung Genteng. Soalnya aku tidooorrrr..😆 ~wajar dong bo’.. akika kan capek lelarian ngejar2 busway:mrgreen:

Keesokan paginya, sekitar jam 7, sampailah kita dilokasi. Namanya, pantai Pangumbahan. Di sana ada Turtle centre, tempat konservasi penyu gitu. Pantainya kerrrreeeeennnn!! Selain itu, Bapak yang mengelola Turtle centre juga baik banget. Gak pelit ilmu, sabar, ramah, asik banget!

Menurut jadwal, begitu sampai seharusnya kami semua istirahat. Tapi emang pada dasarnya kami semua ini hobi bertualang kali ya, habis bebersih diri, ngatur2 barang di kamar, yang ada malah langsung menghampiri pantai yang emang jaraknya deket banget! Kita malah asik main2 di pantai, sekaligus menjelajah.. hehehe.. Tapi abis gitu, semua pada tepar. Whuahahaha.. abisan panas bener.. *yaeyalah pantai gitu loh. ~FYI, pantai ini berhadapan langsung dengan samudra Hindia lho.. tapi pantai-nya landai, dan pasirnya empuk banget!

Sorenya, kita ke air terjun Cikaso. Gilaaaa… keren banget! Subhanallah.. cantik! Sayang waktunya sempit banget. Soalnya ada rencana ikut pelepasan tukik, ngelepas bayi2 penyu ke laut. Sayang pas balik kita kesorean, jadi gak bisa ikutan😦 Tapi terobati juga sih, soalnya masih bisa ikut ngelepas tukik keesokan paginya😀

Air Terjun Cikaso

Malem hari kegiatannya malah makin serrruuu! Liat tukik2 yang baru netas! Hiiii.. lucu banget! Setelah itu,  liat penyu bertelur. Ternyata penyunya gedeeeeee banget! Kaget juga ngeliatnya, gak nyangka bakal segede itu. Susah dijelasin gimana perasaanku waktu liatnya, bener2 takjub, juga kagum, juga.. errr.. campur aduklah. Keliatan aja gitu dia(induk penyu) susah payah nyari tempat buat bertelur (jalan lebih dari 500meter dengan badan sebesar itu!), trus bikin lubang buat bertelurnya, trus belum lagi nguburnya balik, plus kadang ada beberapa penyu pintar yang bikin sarang tipuan untuk nipu yang ngincar telur2nya.

Itu penyu lho.. Gede banget. Sayang kurang jelas ya?😦

Penyunya sedang bertelur lho..

Habis ngintip penyu bertelur, ada acara diskusi bareng, langsung sama bapak yang bertanggunga jawab atas pengelolaan konservasi penyu tersebut. Acara diskusinya asik banget. Banyak nambah ilmu😉 Saking asiknya, gak kerasa aja udah jam setengah 12an. Akhirnya acara ditutup. Beberapa ada yang langsung tidur, beberapa ada yang hunting supermoon. Aku sih yang termasuk langsung tidur. Abisan ngantuk, lagian temen sekamarku juga pada mau tidur semua. Jadi, ya tidur aja deh.. hehehe…

Besok subuhnya, aku langsung keluar. Alhamdulillah sempet liat moonset. Cantik banget! Tapi juga cepet berlalu😦

Moon-Set😎

Gak berapa lama bulan ilang, acara pelepasan tukik-pun dimulai. Duh.. tau gak sih.. ngeliat tukik2 itu ‘berlari’ ke arah laut bikin aku terharu ngeliatnya. Beda banget rasanya sama ngeliat di film2 dokumenter gitu. Di sini terasa lebih ‘kena’. Liat hewan yang gak lebih besar dari telapak tanganku, menghampiri ombak besar (literally! Aku aja gak berani berenang koq. Samudra gitu loh..). Belum lagi setelah mereka lelah berlari, ombak membawa mereka kembali ke tepian pantai, tapi mereka terus berusaha buat masuk ke laut. Subhanallah..😦 Udah gitu di laut, pastinya sudah ada hewan2 besar yang siap memangsa mereka, terus belum tentu juga mereka ketemu sama induknya. Di usia sedini itu, mereka udah harus berjuang bertahan hidup. Cari makan sendiri, menghadapi bahaya sendiri. Sedih, kasian banget liatnya. Gak tega bo’ ngebayanginnya. Kemarin udah mau nangis aja gitu. Ini aja nulisnya jadi pengen nangis.😦

Halo, saya siap menghadapi kejamnya lautan >.<

Malah pas kemarin ada 1 tukik yang keliatan ‘payah’ banget. Bolak balik dibalik ke tepian pantai sama ombak. Mana lagi salah satu sirip depannya agak cacat, jadi menyulitkan dia untuk bergerak. Gak lebay, tapi aku ngerasa tu tukik udah lemes, semacem ngos2an gitu. Rasanya pengen bawa lari, bawa pulang, terus dipelihara aja di rumah😦 Tapi atas instruksi pak Janawi(Bapak yang bertanggung jawab atas pengelolaan konservasi penyu di pantai pangumbahan), sebaiknya tukik itu tetap dikembalikan ke habitanya, dengan cara dibantu. Jadi tu tukik diangkat, trus langsung dilepas ke laut, gak perlu jalan2 di pasir lagi..😥

Pelepasan tukik jadi acara terakhir dalam perjalanan ke Ujung Genteng. Walau Cuma sebentar, tapi pengalaman itu berkesan banget. Nambah ilmu baru, temen baru, pengalaman baru. Bener2 unforgetable moment! Semoga trip2 selanjutnya aku bisa ikut lagi😀


2 thoughts on “Mbolang ke Ujung Genteng ~ Edukasi Penyu untuk Indonesia

  1. Pingback: Catatan Kecil di Kuartal Pertama Tahun 2011 « Mata Pendosa

  2. Pingback: Beberapa Cerita Mbolang(ku) di Kuartal Pertama 2011 « Mata Pendosa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s