Surabaya Heritage Track

Dodol.. malah lupa moto bisnya. Jadi foto bis ini aku ambil dari sumber lain. Klik Gambar untuk tau sumbernya ya😀

Dalam kunjungan singkatku ke Surabaya sekitar 2 minggu yang lalu, aku nyempetin diri mampir (lagi) ke House of Sampoerna (HOS). He’em.. ini bukan kali pertama aku mampir, tapi untuk kesekian kalinya😎 Kunjunganku kali ini sengaja buat nyoba ikutan naik bis Surabaya Heritage Track(SHT). Sebenarnya sih udah lama pengen banget naik bis merah ini, tapi belum kesampaian2 juga. Alhamdulillah dalam kunjungan singkatku kemarin, akhirnya bisa kesampaian juga. Hehehe…

SHT ini dalam sehari melayani beberapa kali perjalanan, tergantung harinya. Waktu itu aku kebetulan hari Sabtu, dan ambil perjalanan yang terpagi, jam 9. Aku baru tau, ternyata track yang dilalui bus tiap jam-nya berbeda. Sedih rasanya gak bisa merasakan semua. Tapi yang bikin senang, bus yang aku tumpangi waktu itu akan berkunjung ke Museum Kesehatan! Museum yang paling ingin kumasuki dan belum pernah kesampaian sama sekali:mrgreen:

'Prasasti' Peresmian Museum Kesehatan😛

Ikutan Surabaya Heritage Track ini ternyata jadi semacam ikut tour sejarah gitu. Kita di ajak mengunjungi situs2 bersejarah, dan ada pemandu yang memberi penjelasan. Sesekali bis menepi sebentar, memberi waktu pada pemandu untuk menjelaskan situs2 sejarah yang berada dekat tempat bis menepi. SERU! *curiga pemandunya jago dongeng😆 *

Seperti ikut tour pada umumnya, tentunya tidak sebebas saat melakukan perjalan sendiri. Hehehe.. jadi ya, gitu deh.. aku ngerasa pas mengunjungi museum Kesehatan, agak merasa terburu2, dan kurang bisa ‘menyelami ‘apa yang kulihat lebih dalam. Pun demikian, aku merasa senang:mrgreen:

Di dalam Museum Kesehatan, ada beberapa bagian/sasana yang berbeda . Aku agak lupa ada apa aja, dan sayangnya waktu itu gak kepikiran buat moto keterangan2 yang menunjukkan sedang berada di bagian/sasana apa.. (Maaaapp…) Tapi kurang lebih, bagian2nya  ada yang menceritakan tentang sejarah berbagai macam pengobatan dari berbagai belahan dunia, bagian yang memamerkan alat2 kedokteran, bagian perkelaminan (kalo aku gak salah inget, museum ini dulunya bekas rumah sakit kelamin, makanya salah satu bagian khusus memerkan tentang perkelaminan CMIIW) bagian obat2an, dan yang paling ‘serem’ , bagian pengobatan tradisional.

Beberapa Alat Peraga yang Dipamerkan di Museum

Wajah2 Saat di Bagian Pengobatan Tradisional ;))

Bagian pengobatan tradisional, berada terpisah dari bagian2 lain. Semacam berada pada bangunan terpisah sendiri, tapi masih berada dalam kompleks museum. Di sini, di pamerkan berbagai hasil dari pengobatan tradisioanal dan beberapa alat peraganya. Pengobatan tradisional ini mencakup hal2 yang berbau mistis juga, alias santet. Itulah kenapa Museum ini dikenal juga sebagai Museum Santet.

Hal2 yang dipamerin di bagian ini agak horor bo’.. ada hasil rontgen yang memperlihatkan perut seorang bayi yang berisi sejumlah jarum! Trus ada juga beberapa helai rambut yang katanya berhasil dikeluarkan dari dalam tubuh seseorang yang sakit dengan menggunakan tenaga dalam, dsb. Macem-macem banget deh yang dipamerin di sini, bahkan Jelangkung juga ada! >.<

Fotonya kurang jelas ya? Itu hasil rontgen, sebenernya keliatan ada jarum2 gitu.

Ternyata, bagian pengobatan tradisional ini jadi sasana terakhir yang kami kunjungi, dan menjadi akhir dari perjalanan😦 Walau aku merasa visit museum Kesehatan ini terlampau singkat, banyak hal yang belum bisa kukorek lebih jauh, toh pas liat jam tangan, ternyata sudah setengah jam lebih kami berada di museum Kesehatan. Gak kerasa banget deh.. dan kami pun harus kembali, ke pos pemberangkatan SHT😦 Tapi, ada sedikit kabar gembira (bagiku) yang disampaikan sang pemandu sesaat sebelum akhirnya kami keluar dari bis, di ruang galeri HOS, sedang ada pameran Budaya Flores! Auwww.. i was so excited! Ceritanya bakal ku post di postingan berikutnya aja ya.. hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s