Pemeriksaan Kesehatan Sebelum Menikah/Berencana Memiliki Anak itu PENTING!

Sebagian besar orang sepertinya sudah tau bahwa cek kesehatan sebelum menikah/berencana punya anak itu penting. Tapi mungkin hanya sekedar tau aja, tanpa ada rasa kewajiban untuk melakukannya. Seperti hal remeh membuang sampah sembarangan itu gak baik, tapi sebagian orang masih saja melakukannya. Awalnya aku juga seperti itu, tau cek kesehatan sebelum nikah itu penting, tapi tidak merasa wajib melakukan. Tapi semua itu sekarang sudah berubah.

Salah satu orang dekatku, anaknya menderita Cerebral Palsy. Apa sih itu? Baca sendiri aja ya di siniย atau google aja. Intinya sih, Cerebral Palsy itu gangguan pada otak, dan belum ada obat yang bisa menyembuhkannya. Setelah ditelusuri, ternyata pada kasus orang dekatku ini, anaknya menderita penyakit tersebut diduga karena saat mengandung, ibunya terjangkit sebuah virus. Entah virus apa, kalau tidak salah TORCH. Begitu dengar kabar tersebut, langsung muncul perasaan “DEG!” di hati. Aku tiba-tiba sadar sesadar-sadarnya kalo pemeriksaan kesehatan sebelum menikah itu penting.

Sebelumnya, aku juga pernah mengikuti sebuah ‘berita’ di twitter tentang keluarga yang membutuhkan darah untuk anaknya. Tapi sayang anaknya tidak bisa tertolong(padahal ini anak kedua. Anak pertama juga mengalami hal yang serupa). Kenapa bayi yang baru lahir langsung membutuhkan transfusi darah? Ternyata hal tersebut disebabkan karena perbedaan rhesus antara ayah dan ibunya.

Tidak sedikit cerita yang pernah kudengar/baca tentang bayi yang terlahir tidak sempurna karena adanya gangguan saat kehamilan atau karena memang pasangan(orang tua si bayi) memiliki ‘masalah’. Padahal, siapa sih yang mau buah cintanya terlahir cacat? Kita semua tidak menginginkan hal itu kan? Oleh karena itu, aku tekankan sekali lagi, PEMERIKSAAN KESEHATAN SEBELUM MENIKAH/BERENCANA MEMILIKI ANAK ITU PENTING!

Selama ini, ketika aku dengar “Sebelum menikah harus cek kesehatan dulu”, aku berasumsi bahwa itu termasuk dalam prosedur administrasi nikah. Maksudnya, kalau kita ingin menikah, ingin punya buku nikah, salah satu berkas yang harus dilampirkan adalah hasil cek kesehatan. Oleh karena itu juga, aku agak santai, tidak terlalu khawatir bakal lupa, toh sudah wajib ini. Ternyata aku salah besar! Dalam proses administrasi urusan pernikahan, hasil cek lab tidak dibutuhkan sama sekali! Berarti kalau mau cek kesehatan, harus dengan kesadaran sendiri.

Aku masih awam sekali tentang cek kesehatan apa aja yang perlu dilakukan sebelum nikah. Jadi aku bertanya pada salah seorang teman yang kebetulan berprofesi sebagai dokter. Dari situ, aku baru tau kalau ternyata beberapa laboratorium telah menyediakan paket pemeriksaan sebelum menikah(pre-marital) pun juga pemeriksaan awal kehamilan. Salah satunya lab Prodia. Kalo mau tau, bisa buka situs prodia, cari di bagian panel pemeriksaan, terus pilih (lagi) panel pemeriksaan dari dropdown yang ada di sebelah kanan atas.

Walau sudah ada paket begitu, menurutku sebaiknya tetap ke dokter kandungan terlebih dahulu untuk minta semacam surat pengantar ketimbang langsung ambil paket tersebut ke lab. Soalnya, heumm.. gimana ya.. kan kita orang awam, dokter lebih paham. Jadi kurasa lebih baik atas sepengetahuan dokter. Hehehe.. Jadi kalau ada apa-apa, akan lebih mudah bagi dokter untuk menindak lanjuti.

Oya, untuk yang punya hewan peliharaan juga sebaiknya hewannya diperiksa(divaksin) secara rutin ke dokter hewan. Kenapa? Soalnya beberapa virus yang bisa mengganggu kehamilan bersumber dari hewan peliharaan. Jadi untuk berjaga-jaga, hewannya dibawa ke dokter juga ya..๐Ÿ˜‰

Dari berbagai kisah yang pernah aku dengar/baca, aku jadi menarik pelajaran, jika kita ingin anak kita terlahir normal, kita sudah harus ‘menjaga’ bayi kita bahkan jauh sebelum ia hadir dalam bentuk janin. Memang kekuasaan berada di tangan Tuhan, jika Ia berkehendak, maka apa yang dikehendaki-Nya akan terjadi. Tapi setidaknya dengan kita berikhtiar, melakukan pemeriksaan awal, tentu bisa memperkecil resiko bayi terlahir tidak normal. Karena kelainan akan terdeteksi lebih cepat, maka usaha pengobatanpun bisa dilakukan lebih cepat sebelum terlambat๐Ÿ™‚

Terakhir, tolong bantu sebarkan informasi ini ya.. Tolong sebarkan informasi pemeriksaan kesehatan sebelum menikah ataupun sebelum berencana memiliki anak itu penting. Ini Semua demi kebaikan kita semua, agar jumlah anak yang terlahir tidak normal semakin berkurang atau bahkan tidak akan ada lagi๐Ÿ™‚ Semoga generasi penerus kita terlahir sehat dan sempurna. amiiinnn..๐Ÿ™‚

========

Terimakasih kepada Aditya Wiguna juga Nofian Adi Prasetyawan yang sudah mau meluangkan waktu menjawab beberapa pertanyaan saya. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s