Xlangkah Lebih Maju dengan Internet

Catatan: Postingan ini aku ikut sertakan dalam #XlangkahLebihMaju Blog Writing Competition. Mohon do’a-nya ya supaya bisa menang😉

Iseng-iseng ikutan lomba ini, tapi agak bingung juga mau nulis apa. Soalnya temanya tentang “Bagaimana Internet telah membuat saya XLangkah Lebih Maju” padahal aku pribadi ngerasa dengan internet aku gak cuma xlangkah lebih maju, tapi beribu-ribu langkah lebih maju *tsaaaaaahhh.. Gaya amat😆 * Tapi kalo ditarik menuju satu titik, secara umum internet telah membuatku merasa xlangkah lebih maju di bidang komunikasi juga informasi. Dari satu titik ini, baru bercabang kemana-mana hingga akhirnya aku ngerasa beribu langkah lebih maju:mrgreen:

Terhubung dengan internet, membuat jarak tidak lagi berarti. Berbagai aplikasi instant messenger serta situs-situs jejaring sosial yang ada memungkinkan kita untuk saling bertukar kabar dengan teman atau saudara yang berada jauh dari kita. Aku sendiri sebagai LDR-lover (pasangan jarak jauh) sering memanfaatkan hal tersebut untuk menjaga komunikasi dengan pasanganku. Apalagi instant messenger yang memungkinkan untuk melakukan video-chat/call, lumayan untuk mengobati kangen lho.. (uhuk, curcol –curahan colongan :lol:)

Selain itu, dengan terhubung ke internet juga kita bisa berkenalan dengan orang-orang baru. Misalnya saja denga bergabung dalam suatu forum (komunitas). Dalam forum ini, kita bisa saling bertukar informasi antar member. Kadang juga diadakan ajang kopi darat. Biasanya ini menjadi ajang yang seru, soalnya selama ini kan interaksinya hanya melalui dunia maya aja hehehe.. Sukur-sukur kalo ajang kopi darat ini juga ada merchandise-nya *eaaaa kode*

Tidak hanya mendekatkan yang jauh, terhubung ke internet juga memungkinkan kita untuk mengakses berbagai informasi dari beragam sumber. Hal ini terutama terasa saat aku kuliah:mrgreen: Kadang dalam menyelesaikan permasalahan (tugas kuliah) aku butuh membaca beberapa referensi. Itu bisa aku dapatkan dengan mengetikkan kata kunci pada search engine, kemudian, tada! Berbagai referensi-pun muncul😉 Tapi untuk saat ini, aku lebih banyak/sering mengakses situs-situs yang menyediakan berita. Oleh karena itu, aku sudah hampir tidak pernah menyentuh koran yang berupa kertas lagi. Sebagian besar berita aku baca secara online😎 Oya, informasi mengenai berbagai kuis juga bisa kita peroleh dengan terhubung ke internet lho.. Yah, seperti ajang #XlangkahLebihMaju Blog Writing Competition ini, kan aku taunya berkat internet😆

Berita yang beredar di internet menurutku cukup cepat penyebarannya. Bahkan dengan keberadaan twitter, mungkin bisa dibilang real-time. Misalnya saja yang baru-baru ini terjadi di daerahku (Mataram-Lombok). Entah siapa yang pertama kali nge-tweet berita tentang kebakaran suatu rumah sakit, tidak sampai satu jam berita sudah menyebar luas, hingga temanku yang berada di Jakarta-pun mengetahui berita ini. Mungkin penyebaran berita di dunia maya ini mirip seperti penyebaran berita dari mulut ke mulut di dunia nyata. Bedanya, penyebaran berita dari mulut ke mulut cenderung beredar di satu daerah aja, sedangkan yang beredar di dunia maya cakupan penyebaran beritanya jauh lebih luas. Tidak heran berita cepat menyebar hingga ke tempat lain. Tapi hal ini juga perlu diwaspadai. Soalnya kadang-kadang berita yang beredar itu tidak benar atau biasa disebut hoax. Jadi, kita sebagai penerima informasi juga harus pandai-pandai menyaring informasi yang diterima. Aku pribadi kalau meragukan suatu informasi, biasanya aku mencari sumber lain yang mendukung kebenaran apakah informasi tersebut valid:mrgreen:

Internet juga memungkinkan kita untuk melakukan transaksi secara online lho! Aku yang tinggal di daerah minim toko buku, bersyukur banget bisa mendapatkan koneksi internet, soalnya aku jadi bisa belanja buku di toko buku online:mrgreen: Tinggal klak-klik klak-klik, buku akan dikirimkan ke alamatku. Hihihi.. kalo gini sih gak cuma xlangkah lebih maju aja ya? Tapi beratus langkah lebih maju😛 Coba aja bayangin kalo ke toko buku konvensional, kan harus jalan ke toko bukunya dulu, terus jalan keliling rak-rak buku, terus mau bayar harus jalan ke kasir dulu. Kalo terhubung ke internet, cukup duduk menghadap monitor aja.. hehehe..

Nah, secara garis besar itulah yang bikin aku merasa xlangkah lebih maju dengan berinternet. Tapi aku paling merasa xlangkah lebih maju tuh waktu aku tau suatu berita dari internet, dan orang lain belum ada yang tau😎

4 thoughts on “Xlangkah Lebih Maju dengan Internet

  1. sepatu, mbak dee ^^ sepakat dan setuju, hoho ^^
    smoga menang ya, kalo menang, aku ditraktir liburan ke lombok yaa… hehehee😛

Leave a Reply

