Kamus Besar Bahasa Babang 😂

Dari kapan hari pengen bikin daftar kamus ocehan bos, tapi baru sempat sekarang.. Hehehe.. Kalau diperhatikan, kadang 1 kata bisa banyak arti. Kadang 1 kata juga bisa beda nada penekanannya. Tergantung maksudnya apa 😂😂😂

Sungguh, ucapan bayi adalah misteri.. Berikut daftar yang mungkin bisa sedikit membantu memahami ucapan bos dan mungkin juga bayi lainnya..

Enw, nggak urut ya.. Malas ngindex.. Diketik sesuai yang terlintas di ingatan aja.. Hehe

Acih: makasi.. Penggunaanya kadang masih salah.. Kadang harusnya dia jadi pihak yang nerima ucapan terima kasih, tapi dia udah ngucapin makasi duluan. Biasanya sambil menyerahkan barang

Abe’ / tabe’: ini sepertinya bahasa sasak sih ya? Diucapkan saat melewati orang yg lebih tua sambil agak membungkukkan badan. Bahasa indonesianya sih, permisi.. Kalo bahasa sunda, punten.. Tapi masih belum konsisten diucapkan.. Kalo lagi inget aja

Aap: maaf.. Belum konsisten digunakan juga. Kalo lagi inget aja.

Ayang: artinya banyak. Bisa sayang, bayangan,  atau layangan.. Kalo bialang ayangnya panjang, biasanya artinya sayang. Biasa dibarengi gerakan membelai (walau tampak spt nabok 😂) atau memeluk ataupun mencium.

Ayah: ayah.. Kadang juga yayah sih..

Mama: mama..

Nin: panggilan utk nin (nenek)

Akong: panggilan utk akong (kakek) kadang dimainin jadi nyanyi kangkongkengkongkongkongkong.. Akongnya suka sebel kalo udah gitu 😂

Aik non: panggilan utk adikku..

Babang: nyebut dirinya sendiri

-Dan sederet panggilan nama lainnya, mbah, om, kakek, nenek,dlsb-

Aduh: aduh..

‘nang: berenang.. Merujuk segala aktifitas yg memungkinan berendam di air. Mau masuk ember juga dianggapnya berenang 😂

Bobo: bobo

Ngantok/ngantuk: ngantuk. Tapi sepertinya tidak selalu menunjukkan kalau dia ngantuk.

Atuh: bukan atuh bahasa sunda, di sini maksudnya jatuh.. Pengucapannya sambil mulutnya maju banyak ya..

Duduk: duduk.. Kadang maksudnya juga nunjuk kursi atau tempat duduk lainnya. Mungkin ngasi tau bisa duduk di situ.

‘num: minum

Mau: mau.. Pengucapannya dengan mukut maju ya..

Nggak mau: nggak mau.. Jangan lupa diucapkan sambil gelengin kepala. Biar maksudnya jelas, nggak mau! Masih nggak ngerti, tangan buat gerakan mendorong ya.. Biar jelas, nggak mau!

Bubu: nama kucing, bubu. Tapi kadang juga berarti kucing.

Iyong, miong: nama kucing, nama sebenarnya melong sih.. 😂 tapi kadang berati juga kucing warna kuning. Kadang juga berarti kucing yang suaranya keras atau mengeong keras

Alan alan: jalan-jalan.. Sebelumnya bilang ayam-ayam

Ayam: ayam.. Kadang juga berarti segala jenis unggas yang sedang tidak terbang. Jadi kadang burung yg bertengger juga disebut ayam..

Urung: burung. Huruf r-nya samar hampir tak terdengar ya..

Nggi: tinggi

Naik: naik

Momo: cidomo. Kendaraan tradisional lombok. Kadang maksudnya juga kuda.

Imau: harimau

Acem: asem

Abish, bish: habis..

Bau: bau

‘nak: enak.. Diucapkan sambil mengepalkan tangan ke atas sambil menundukkan kepala

Atit: sakit

No no no: nggak boleh..

Icak: cicak

Ikush: tikus

Nanas: panas

Ngingin: dingin

Aoh: Allah

‘ghib: maghrib

‘jid: masjid

Aji: ngaji

‘shmut: semut kadang juga artinya selimut

Tih: putih

Atu: satu, kadang juga artinya sepatu

Uwa: dua

Agi: lagi

‘ndi: mandi.. Kadang artinya juga kamar mandi

Gigi: gigi, kadang juga artinya sikat gigi

‘kat: sikat

Pingping: kuping

Idung: hidung

Pipi: pipi

Aki, khaki: kaki

Edah: sepeda

Aju: baju

Nana: celana

‘nton: nonton

Eyon: melon

‘bang: terbang

‘ulan: bulan

‘ntang: bintang

‘elap: gelap

Pu, apu: sapu kadang artinya juga menyapu

Nci: kunci

‘ca: baca

‘ku: buku

‘main: main

‘ncat: loncat

Pup: pup

Pipish: pipis

Tut, ntut: kentut

Ndong, ‘endong: gendong

Bembem: mobil atau motor

Bebek: bebek

‘la, ‘oula: bola

‘mam, mamam: mamam, makan

Mimi: ultra mimi

Cucu: susu

Nen: nen

Ace: AC

Pas, ipas, papas: kipas

Ape: hp

Eptop: laptop

Mpu: lampu

Waaaww: waw.. Digunakan utk menunjukkan ketakjuban

Anyak: banyak

‘aget, ‘khaget: kaget.. Diucaokan sambi mengelus-ngelus dada

Uduk: geluduk, petir

‘ujan: hujan. Diucaokan sambil menutup kepala bagian atas

‘imish: gerimis. Diucapkan sambil menutup kepala bagian atas.

Ayoung: payung

Aci: nasi

Mi: mi

Acin: asin

Nish: manis

‘ajah: gajah

Apalagi ya.. Segini dulu deh.. Ternyata lumayan juga.. Kebanyakan suku kata awal masih kabur ya? Klo suku katanya berulang,lumayan jelas.. Seperti bobo, bubu.. Sama suku kata trakhir, lumayan jelas banget. Sekarang juga makin pinter niru. Dia denger apa,kadang langsung niru. Jadi kalo kita ngomong, spt ada efek gemanya.. Wkwkwk.. Soaknya ada yg niru. Tapi yang jelas cuma suku kata terakhir 😂😂😂

Paling suka kalo dia bilang s.. Seksi gitu.. Seperti ada aksen h-nya. Jadi sh sh gimana gitu 😂😂😂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s