Persiapan dan Tips Sukses ng-ASI Ekslusif

Hihihi.. Gaya amat judulnya ya? Kayak ahli aja.. Padahal mah, jauuuuhhh 😂😂😂 Ini dalam rangka bayar hutang sih.. Dulu ada rencana kalau berhasil ngasi bos kecil ASIX, aku mau share. Hahaha.. Padahal sekarang bayinya aja udah 1,5taun.. Selain bayar hutang, juga karena aku kasian sama ibu-ibu yg udah curhat di forum/grup, curhat gagal ASIX.. Respon admin, konselor, dan ibu-ibu lainnya galak sik 😛

Dari forum/grup yg  kuenggan sampaikan namanya itu, menurutku ada kesamaan dari ibu-ibu yang curhat. Menurutku sih ya, kebanyakan karena kurang persiapan.

Haaaahhh??? Untuk ASI aja butuh persiapan??!!!

Yup! Terutama bagi ibu baru. Ternyata memberi ASI nggak sekedar nyodorin payudara ke bayi aja loh.. Hehehe..

Persiapan sebaiknya dilakukan sejak sebelum bayi lahir. Sejak masih dalam kandungan. Apa yang perlu dilakukan? BANYAK BACA.

Kumpulkan informasi seputar pemberian ASI sebanyak mungkin. Abis baca, ilmunya nambah dong ya? Abis itu, SEBARKAN biar orang lain juga tau dan ilmunya makin nempel di kita.. Hehehe.. Sebarinnya terutama ke orang terdekat kita ya.. Karena peran mereka nantinya sangat penting saat kita baru bersalin.

Aku dulu sejak hamil banyak browsing seputar masalah ASI. Keuntungan ASI, cara neneninnya, dlsb. Informasi yang kudapat itu, aku print terus aku kasi ke suami & keluarga. Biar mereka juga tau dan nantinya bisa memberi dukungan.

Dari baca-baca juga aku jadi tau perlu merawat puting dari hamil. Biar pas lahiran, asi bisa keluar lancar, nggak tersumbat. Aku sih bersihin pake baby oil. Nggak tiap hari juga.. Cuma pas inget aja.. Hahaha.. Mungkin seminggu sekali atau malah sebulan sekali.

Selain BACA, SEBARKAN, ada lagi hal yang menurutku penting. SURVEY. Survey ini mulai dari survey peralatan menyusui, aksesoris menyusui, sampai dokter yang akan mendampingi saat persalinan.

Waktu itu aku selain survey dokter kandungan, survey dokter anak juga. Aku pribadi nyari dokter yang pro-ASI, nerapin RUM(rational use medicine), dan tentunya komunikatif ya.. Hehehe.. Alhamdulillah kerasa banget enaknya.

Waktu itu ASIku tidak langsung keluar setelah melahirkan, baru lancar keluar pas hari ke-4, dokternya support banget, juga sabar dan mau bantu jelasin ke pihak keluarga. Jadi nggak ada yang panik.. Dan alhamdulillah terhindar dari sufor..

Dari list persiapan ASIX yang kubikin dulu, ada satu yang tidak terlaksana. Menemui konselor laktasi. Hehehe.. Aku kan orangnya emang penuh persiapan, apa-apa maunya perfect. Jadi waktu itu maunya ketemu konselor laktasi tuh buat cek puting (menurutku yg 1nya masuk), sama latian posisi menyusui, sekalian diskusi macem2. Ealah pas jadwal rencana mau ke konselor, bos malah brojol.. Hehehe.. Bos lahirnya emang agak kecepetan dari HPL 😁

Daaaannn.. Tips yang paling penting adalah, PD dan bahagia! Hehehe.. Yakiiiinnn.. Tuhan pasti mencukupkan ASI kita untuk anak kita. Nggak bakal kurang. Selain itu, jangan lupa bahagia! Hehehe.. Biar tambah hepi, kalo ada dana,belanja baju deh.. Baju menyusui sekarang lucuk-lucuk.. Nggak kalah lucu sama baju biasa.. 😂

Oiya buat yang rencana balik kerja tapi masih pengen ASIX, pelajari juga soal managemen ASIP ya.. Biar sakses ASIX-nya😉

Yak! Demikianlah sharing dari pengalamanku.. Kalo bisa persiapan banget deh dari sebelum lahiran. Soalnya abis lahiran tuh repoooot.. Kalo baru mau belajar,  sepertinya nggak sempat. Yang ada nanti malah panik, terus stress, terus malah jadi seret.. Hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s