7 Tips Agar Anak Suka Buku

Dari awal, aku sama suami pengen punya anak yang suka buku. Jadi berusaha sedini mungkin ngenalin buku. Alhamdulillah sepertinya sekarang mulai tampak hasilnya. Jadi pengen berbagi, siapa tau berguna.. πŸ˜€

  • Mulai bacakan buku sejak dini

Sejak hamil babang, kami sudah mulai membacakan babang buku cerita. Emang sih, anak kan belum bisa liat wujud fisik bukunya, tapi menurutku dengan demikian kita jadi latihan/belajar membacakan buku. Umumnya kita kan kalau baca buku cuma dalam hati ya? Kecuali mungkin kalo kamu pembaca puisi/penyanyi/pemain peran ya…😝 Ternyata beda loh kalau membaca dengan suara dan ada pendengarnya. Kita bermain dengan nada, intonasi, dan berbagai macam warna suara.

Aku ingat banget pertama bacain buku, rasanya aneh banget.. soalnya nggak biasa membaca sambil bersuara. Lama2 alhamdulillah jadi biasa. Jadi pas babang beneran hadir ke dunia, nggak kagok/canggung lagi pas bacain buku, udah pemanasan sejak dia di dalam perut.. hehe..

  • Sabar dan tetap selalu luangkan waktu

Sewaktu umur 1-2bulanan sih masih anteng pas dibacain. Tapi begitu masuk 3 bulan ke atas, motoriknya makin berkembang, saat itulah ujian dimulai 😈😈😈

Halaman buku diremas, ditarik, dimasukin mulut. Hyaaaaaa… bikin setereeeeesssss!!! Waktu itu pernah aku lagi asik baca novel, tiba2 dia berguling ke arahku, megang, remas halaman yang kubaca terus secepat kilat berguling balik. Hyaaaaaa… Syobek sodara!

Hampiiiirrr aja nyerah bikin babang suka buku. Abis ini anak koq kalo liat kertas/buku sptnya bawaannya jadi gemesan. Pasti mau ngeremas, nyobek2. Sampai curhat di sebuah forum. Berkat respon member2nya akhirnya jadi tetep semangat. Trus ada member yg nyaranin buat coba kasi boardbook. Ahay! Eike baru kepikiran buat nyoba deh πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  • Beri contoh

Masa-masa babang suka gemes liat buku / kertas dan belum punya board book, jujur aja lumayan bikin gemes & jadi males bacain. Jadi jarang bacain buku. Gantinya, aku baca untuk diriku sendiri. Sembari mengawasi babang beraktivitas, aku baca. Itung2 sekalian refreshing πŸ˜›

Mungkin karena suka liat ayah/mamanya duduk diem baca buku, dia ikut penasaran. Akhirnya malah suka sok ikut2 mau baca juga πŸ˜‚

  • Pilih buku yang sesuai & menarik. Tulisan sedikit, gambar banyak. Kalau ada dana lebih, bisa investasi beli board book.
  • Ciptakan kondisi-lingkungan yang mendukung & nyaman untuk membaca. Misal tempat duduk yang empuk, kasi backsound lagu2 yg tenang. Jangan lupa, pajang buku2. Jadi anak sering terpapar/ biasa ngeliat buku.
  • Berimprovisasilah dan ajak berinteraksi

Buku untuk anak batita, umumnya sedikit tulisan, banyak gambar. Jadi aku suka ‘menceritakan’ gambarnya (misal nunjuk di gambarnya ada apa aja) juga suka mengembangkan ceritanya. Oya, membawakan ceritanya juga sambil (agak) heboh ekspresif. Biasanya kalo begitu babang lebih betah dengerin & mau mantengin gambar di bukunya.

Kalau anak sudah agak gede, mungkin komunikasi bisa 2 arah. Ajak anak mengutarakan pendapatnya. Minta dia cerita apa yang terjadi berdasar gambar di buku.

Menurutku babang sudah cukup besar untuk bisa bercerita. Jadi sering aku pancing untuk menceritakan apa yang terjadi sesuai gambar yg dia liat di buku menurut versinya sendiri. Hasilnya sering bikin takjub sekaligus ngakak.. πŸ˜‚

  • Biarkan anak yang memimpin

Biarkan anak memilih bukunya sendiri mana yang ingin dibacakan. Biarkan juga ia yg membuka halaman demi halaman sendiri.

Untuk buku baru, biasanya babang pasrah ngebiarin mamanya yang mimpin, mungkin dia penasaran sama ceritanya 😏

Demikian sharung tipsnya. Intinya sih harus sabar, ciptakan lingkungan yg mendukung juga beri contoh. Selanjutnya sih bisa mengikuti.

Untuk babang, menurutku sendiri makan waktu lumayan panjang sampai akhirnya dia nunjukin minat baca buku. 2 taunan bo’! Tapi alhamdulillah terbayar. Malah kalau mau ngeluh, sebenernya sekarang kadang agak kewalahan menghadapi minat bacanya, soalnya dikit2 minta dibacain. Tapi juga senang sih.. hehehe.. bangun tidur pagi, bisa minta 2-3buku. Menjelang tidur siang, sekitar 5 buku. Menjelang tidur malam juga sekitar 5 buku. Beberapa buku kadang sekali baca bisa berulang kali. Kadang mamanya malah udah ngantuk duluan. Hihihi.. jujur ya.. kadang (eh sering 😝) bosan juga ngulang liat/bacain buku yg sama berulang kali. Pernah suatu kali mamanya malah sambil ngelindur.. wkwkwk.. untung sempet nyadar.. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
Ps: maaf kalo format postingnya berantakan. Posting lewat hape susah edit formatnya πŸ˜‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s