​Nanya #rauwisuwis 😂

Kadang seneng, kadang sebel sih ketika babang banyak nanya. Sebel tuh kalo lagi repot, atau susah ngejelasin dengan bahasa sederhana atauuuuu… Emang nggak tau jawabannya.. wkwkwk.  Soalnya babang bakal ngejar terus sampai dia ngerasa puas dgn jawabannya, dan biasanya harus saat itu juga dijawab. Anak ini nggak bisa banget deh diminta nunggu 😅

Tapi takjub juga sih.. ternyata dia memperhatikan sekitarnya terus dari situ muncul pertanyaan2. Sepertinya dia punya rasa ingin tahu yg lumayan.. Kapan hari pernah liat kecoak mati yang dikerubungi semut. Dia jongkok ngeliatin terus nanya ini itu.. Jadinya dia belajar tentang rantai makanan 😂

Terus kemarin malam, lagi ngerebus pasta, Babang narik kursi terus naik, dan merhatiin air yang mendidih..

“Ma, itu mencair ya?”

“Bukan, itu namanya mendidih”

“Mencair itu apa?”

“Mencair tuh meleleh.. benda padat berubah jadi cair.. misal abang makan es, lama2 jadi air kan? Naitu namanya mencair”

Terus aku lanjut, “besi juga bisa mencair lho”

“Masa bisa mencair..” -salah satu ekspresi & intonasi fav, sewaktu dia menyatakan ketidakpercayaan 😂

“Lho iya, beneran.. abang pernah liat akong ngelas kan? Besinya kan dipanasin dulu, terus dia meleleh..”

“Kenapa dia bisa mencair ma?”

“Soalnya suhunya berubah naik. Ada namanya titik leleh.. titik leleh tuh suhu suatu benda bakal berubah jadi cair”

“O gitu.. Suhu itu apa?”

“Suhu ituuu.. heummm.. abang tau panas dingin kan? Nah itu ada nilainya. Nilai panas-dingin itu namanya suhu. Makin besar nilainya, berarti makin panas”

“Ooo.. ”

Tapi mamanya ragu dia beneran ngerti nggak ya 😂

*tiba2 Nin lewat*

“Ada lagi bang.. namanya menyublim”

“Apa nin?”

“Me.. nyu.. blim..”

“Menyublim itu apa ma?” -bilang menyublimnya belepotan

“Menyublim tuh perubahan dari padat jadi gas.. eh spagetinya udah nih.. abang jadi mau spageti?”

“Iya.. abang lapar..”

Fiuuuhhh.. diselamatkan pasta 😂

Kalo babang udah nanya ini itu, rasanya bersyukur sekali bisa langsung mendampingi.. Bisa jadi tempat bertanya babang.. Apalagi kalo berhasil ngasi jawaban yg memuaskan dia. Hahaha.. rasanya spt lulus ujian! 😂

Jadi semakin tersadarkan deh.. ternyata jadi mama tuh tetep harus banyak belajar, harus pintar! Dan juga harus bisa membedakan antara hoax atau bukan! 🙈

Gambar hasil google 😂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s