3 Alasan Kami Sematkan Nama ‘Muhammad’ pada Anak Lelaki Kami

Gambar dari gOOgle

Dulu sewaktu hamil babang, aku pernah cerita kalau memilih nama ternyata bukan perkara mudah -setidaknya bagi kami-. Ada banyak hal yang menjadi bahan pertimbangan. Dan inilah alasan kami menyematkan nama “Muhammad” untuk 2 anak lelaki kami..

Pertama, karena nama adalah doa.

Muhammad artinya “yang terpuji”. Jadi kami berharap anak lelaki kami bisa menjadi sosok yang terpuji, baik akhlaknya, budi pekertinya..

Kedua, dalam agama kami, Nabi Muhammad SAW adalah manusia paling mulia, paling baik akhlaknya, paling pantas jadi teladan.

Dengan memiliki nama yang sama, kami berharap anak lelaki kami bisa merasa ‘dekat’ dengan beliau, sehingga mudah meneladaninya. Menjadi pemimpin yang jujur, amanah, cerdas dan dicintai.

Terakhir, karena nama adalah identitas.

Dengan menyematkan nama ‘Muhammad’, kami harap anak lelaki kami akan selalu ingat identitasnya sebagai seorang muslim. Sehingga malu melakukan sesuatu yang tidak sesuai ajaran agamanya, malu mencemarkan nama agamanya. Menjaga tindak tanduk, berhati-hati dalam mengambil keputusan dan bertindak.

Selain itu, juga agar orang-orang di sekitarnya mengetahui identitasnya sebagai seorang muslim. Jadi mereka bisa menghargai/menghormati anakku sebagai seorang muslim. Misalnya, karena tahu anakku seorang muslim, jadi nggak ditawari/diajak mabok.. 😀

Bisa dibilang, selain sebagai harapan dan doa, nama yang kami sematkan ini juga merupakan usaha kami untuk membentengi, melindungi anak kami.. Agar selamat dunia akhirat.. ☺

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s