Merangkum 2017

Kemarin dihari terakhir tahun 2017, aku terbangun krn menangis. Aku yg nangis, bukan bocah2 πŸ˜‚

Jadi ceritanya aku tuh mimpi sedang berada dlm sesi grup konseling yg merangkum kejadian2 dlm setaun itu. Sama konselornya kita ditanya titik terendah dan tertinggi yg membahagiakan taun itu apa.

Pas cerita bagian titik terendah, aku nangis trus kebangun deh. Tapi pas bangun itu aku lanjutin sesi konselingnya sendiri πŸ˜‚

Menurutku, titik terendahku di 2017 adalah saat hari pertama pulang ke rumah setelah melahirkan adik. Yep! Pas adik baru umur sehari.

Tanggal 15 maret, sesaat setelah maghrib, adik lahir. Dia termasuk bayi jumbo trus menurut dsa gula darahnya tinggi, dan dia butuh asupan cairan tambahan berupa sufor, krn dikhawatirkan blabla. Walau khawatir, aku sama suami nolak tambahan sufor, bahkan memberanikan diri tanda tangan surat pernyataan bakal nanggung resiko nolak saran sufor. Sementara itu, aku berusaha rajin menyusui. Setiap 1jam dari adik berhenti nyusu, kutawarin susu. Kalo nggak mau, tiap 15-30 menit kutawarin lagi.

Jadi hari setelah lahirin bayi jumbo dengan ari2 terkalung di leher secara normal, bisa dibilang aku hampir nggak tidur. Bolak balik mantengin jam, dan nyetel alarm.

Begitu terus sampai besoknya, 16 maret malam, konsul ke dsa lain. Harus cek lab nunggu urutan dan hasil yg mayan lama juga. Tapi hasilnya melegakan. Nggak perlu tambahan. ASInya cukup!

Setelah itu baru segala rasa capek menyerang. Lelah habis lahiran bayi jumbo yg prosesnya wow, juga kurangnya waktu tidur. Kebayang bakal bisa tidur sedikit tenang walau tetep harus rajin nyusuin -kuturunin jd 2jam sekali atau kurang sesuai maunya-

Malam itu, untuk pertama kalinya kita berempat di rumah.. yes, adik umur sehari, kita udah berempatan aja lagi. Cuma aku, suami, babang, dan adik.

Malam itu sptnya bakal kuingat terus. Tengah malam, adik merengek susu, dan babang yg cemburu. Ngamuuuukkk nangis. Rasanya kacaaaauuuuu… Aku nyusuin adik, babang triak2, jerit2, nangis2, sambil dorong2, manjatin aku. Adiknya juga jadi nggak nyaman, ikut nangis juga.

Abang samsek nggak mau sama ayahnya. Dia sama ayahnya makin histeris. Tapi kita tetep berusaha ‘rotasi’ 2anak ini antara aku dan suami. Tapi ya begitulaaahhh.. capek fisik dan mental, dan harus ngadepin begitu, akunya jadi ikut nangis dong πŸ˜… besoknya mataku bengkak sebengkak2nya πŸ™ˆ

Hal ini terjadi terus tiap malam -tapi aku nggak nangis lagi 😝- Β Sampai seminggu kmd adik harus dirawat di NICU, dan aku terpaksa harus mompa ASI. Terinspirasi dari situ, akhirnya aku mompa. Kalo malam, yg ‘nyusuin’ adik, ayahnya πŸ˜‚

Tapi entah sejak kapan, keadaan membaik. Aku nggak perlu mompa lagi. Adik nyusu full langsung dari pabriknya πŸ˜‚

Nah terus sekarang untuk titik paling membahagiakan.. yaitu saat adik terlahir ke dunia.. aku ingat setelah dia keluar dan nangis, spontan akunya ngucapin alhamdulillah berulang-ulang.. Perasaan lega yg campur aduk. Lega yg ngisi perutku akhirnya keluar, lega sama2 selamat, lega lega legaa.. alhamdulillah.. belum lagi ucapan suami yg sll bikin meras berarti *eciye.. pdhl dia cuma ngucap syukur dan terimakasih doang sambil meluk dan nyiumin. Rasanya luar biasa! Susah diungkapkan dngan kata-kata.

Jadi, demikianlah kurangkum 2017ku. Padahal berawal cuma dari mimpi πŸ˜‚

Leave a comment